Tuesday, September 18, 2012

Perbandingan beberapa harga di wilayah Eropa.

Tahun depan, saya berencana untuk jalan-jalan ke Eropa, masih belum tau juga sih mau ke negara mana.
Kebetulan tadi saya membaca suatu artikel yang berhubungan dengan Eropa, yaitu perbandingan tingkat harga suatu barang dari yang termahal dan yang termurah.

Dari data yang ada, saya cukup terkejut, karena beberapa negara yang dibandingankan ini terdapat jarak yang cukup besar. Sepertinya cukup membantu buat yang mau berlibur ke Eropa, atau sekedar kepo pengen tau,hehee. contohnya jika saya yang notabene pencinta kopi, saya pasti akan sangat senang berkunjung ke Portugal, karena disana harga kopinya sangat murah jika dibandingkan dengan negara lain di Zona Eropa.

Oiya, supaya hasilnya netral, maka diambil sample 20 Euros, jadi dengan harga yang sama kita bisa tau di negara mana yang bisa dapet barang maksimal dan minimal. Okee, let's check out..

Kopi dalam cangkir
Greece: 7 cups
Portugal: 35 cups

Telur
Ireland: 7 cartons
Malta: 16 cartons

Stocking or Legging
Belgium: 4 pairs
Slovakia: 19 pairs

Tiket Bus
Netherlands: 8 tickets
Slovakia: 43 tickets

Beer in Supermarket
Italy: 6 liters
Slovakia: 20 Liters

Camembert Cheese
Slovenia: 1.6 kg
Belgium: 3 kg

Movie ticket
Ireland: 2 tickets
Slovakia: 7-8 tickets (ezcept saturdays)

Rokok
Ireland: 2-3 packs
Estonia: 10 packs

Koran
Malta: 30 papers
Cyprus: 11 papers (in UK, it would buy a 57 paper)

Taksi
The Netherland: 7.2 km
Portugal: 23 km ( in Bulgaria it would 69 km)

Olive Oil
Slovenia: 2 liters
Spain: 7 liters

Wine
Italy: 5 bottels
Portugal: 20 bottels.


Naahhh, itu tadi beberapa perbandingan harga di wilayah Eropa, kalau meurut saya, dari semuanya rata-rata Slovakia jadi negara dengan harga barang yang murah. Sementara italy, untuk beberapa produk yang berkaitan dengan makanan, bisa dibilang cukup mahal, mungkin karena image itali yang dominan sama wisata makanannya yaa..

Tapi jangan karena satu jenis barang yang harganya mahal di satu negara trus kita jadi ngerubah rencana liburan kita,hehee.. kan masih banyak faktor yang bisa kita lihat..

Overall, kalau lihat dari perekonomian keselurauhan Eropa, rasanya sudah mulai ada angin segar :D ya kita doakan saja krisis yang terjadi disana cepat selesai, biar ga berdampak ke negara kita tercinta :)  



No comments:

Post a Comment