Tuesday, May 31, 2011

Facts about Gold

Sebelumnya saya sudah membahas sedikit mengenai Emas, nah sekarang saya ingin berbagi informasi mengenai fakta-fakta seputar Emas. Ternyata setelah saya tau fakta-fakta seputar logam yang satu ini, saya semakin tertarik dan semakin mengidolakan Emas, hmmm,, pasti penasaran kan?? Tapi mungkin saja apa yang saya tulis ini ada yang salah atau kurang lengkap, so, buat yang ingin memberi masukan atau koreksi mengenai tulisan saya ini, saya sangat senang sekali, lumayan kan saya jadi tambah ilmu lagi.. Ok, langsung aja niih, FAKTA-FAKTA SEPUTAR EMAS:

1. Emas sudah dikenal ribuan tahun lalu sebagai logam yang bernilai sangat tinggi dibanding logam-logam lainnya.

2. Emas berbeda dengan logam lainnya, karena unsur kombinasi yang unik dari unsur kimia dan unsur fisika maka menjadikan emas logam yang sangat langka. Hal itu juga yang mengakibatkan emas menjadi satu-satunya logam yang tidak akan berkarat.

White Gold
3. Warna Emas bisa bermacam-macam, tidak hanya kuning seperti yang biasa kita lihat, dimulai dari yang populer yaitu White Gold, Emas Putih sendiri biasanya merupakan campuran antara Palladiuam atau Nikkel, tapi kadang ada beberapa orang yang alergi sama Nikkel, jadi dominan dicampur Palladium deh. Kemudian ada pula Emas dengan unsur berwarna Pink yang dikenal dengan nama Rose Gold. Warna ini didapat dari pencampuran Emas dengan Tembaga, kalau dilihat dari warnanya sih ga terlalu jauh dengan Emas kuning yang biasa kita lihat
Rose Gold
ya.. Ada lagi ni Emas dengan unsur kehijauan taua Greenish Gold, emas yang dicampur dengan perak menjadikan warna emas menjadi bernuansa hijau. Nah yang paling saya suka adalah Purple Gold, Emas yang dicampur denganAlumunium ini akan menghasilkan warna emas menjadi ungu (oh, saya sangat suka sekali warna ungu, cantikk). Ada juga Blue Gold, Emas yang dicampur dengan Indium akan menghasilkan warna emas menjadi dominan biru, ga kalah cantik dengan Purple Gold. Dan yang terakhir, adalah Black Gold, emas berwarna hitam ini mengandung banyak unsur seperti ruthenium, kromium, Amorf karbon, dan unsur-unsur lain, selain itu juga proses yang dilakukan lebih panjang jika dibandingkan dengan emasn berwarna lain.
Purple Gold
Greenish Gold
Black gold











 4. Afrika Selatan dianggap sebagai wilayah dengan kandungan emas terbesar di dunia. Suku aslinya tidak menghendaki eksploitasi emas ini karena dianggap mengganggu saat perburuan mereka. Setelah larangan dicabut banyak pencari emas yang datang ke Afsel dan mendirikan kota emas: Johannesburg. Ibukota Afsel sekarang.

5. Emas diketahui ada di Eropa bagian tenggara abad ke-4, yaitu saat dilakukan penggalian benda purbakala di dekat Warna, sebuah kota di Bulgaria. Di sana ditemukan lebih dari 3000 figur hewan dan piringan terbuat dari emas murni (23 sampai 23,5 karat) pada lahan seluas 7500 meter persegi. Berat keseluruhan temuan itu sekitar 6 kilogram. Ukirannya membuktikan kehebatan seniman masa itu.

Francisco Pizzaro
6. Perampokan emas terbesar sepanjang sejarah diraih oleh Francisco Pizarro,  penakluk kerajaan Inka. Dengan pasukan sejumlah 170 orang ia merebut ibukota Inka dan merampok sekitar 6800 kg emas dan 13000 kg perak. Logam mulia itu dia bagi-bagi pada setiap anggota pasukannya.

7. Harga emas ditentukan di pasar terbuka. Ini terjadi sejak abad ke-17 di Pasar Emas Bullion, London. Sejak itu, pedagang emas terkemuka bertemu di sebuah bank Rothschild di London untuk menentukan harga emas secara formal. Malah sejak tahun 1968, dilakukan pertemuan rutin harian setiap pk 15.00 waktu Inggris, guna menetapkan harga emas saat pembukaan bursa di Wall-Street


Fort Knox
 8. Dalam film James Bond "Goldfinger" tempat ini menjadi sasaran penjahat, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada tempat lain di dunia yang dijaga demikian ketat: Fort Knox. Ia dikenal sebagai gudang cadangan emas Amerika Serikat. Kementerian Finansial AS membangun gedung Bullion Depository di sebelah Fort Knox pada tahun 1936. Sebuah bangunan dua lantai dari bahan granit sebanyak 470 meter kubik, 3.200 meter kubik beton, 750 ton tulangan baja, dan 670 ton baja struktural.

Untuk sementara, mungkin 8 dulu kali yaa, maklum saya akhir-akhir ini sibuk ngurusin harga emas, :D nanti pasti saya tambah lagi dehh,, biar kalian juga tau apa aja fakta-fakta emas lainnya dan ikut jatuh cinta sama logam yang satu ini.. 
See U...

No comments:

Post a Comment