Tuesday, May 31, 2011

OVERVIEW EMAS KUARTAL PERTAMA TAHUN 2011


OVERVIEW EMAS KUARTAL PERTAMA 2011

Kali ini, saya mau posting informasi mengenai overview emas di kuartal pertama tahun 2011. Di awal tahun emas sudah mencapai harga yang cukup tinggi, mencapai angka $1577 per troy ounce. Seperti yang diprediksikan di akhir tahun 2010 lalu, beberapa Investment Bank terkemuka memprediksi harga emas akan mencapai $1500, pada saat itu harga emas masih berada di range $1300. Sebenarnya apa yang menyebabkan emas bisa naik hampir 20% dalam waktu beberapa bulan saja? Dan apakah harga emas akan terus naik? Nah, untuk lebih jelasnya saya akan coba menjelaskan, jika ada kesalahan saya mohon koreksinya yaaa :)

The highest gold demand in the World

Q1 2010
Q1 2011
% Change
India
263.4
291.8
11
Greater China
166.8
245.5
47
China
158.9
233.8
47
Hongkong
7.3
7.6
4.1
Source: World Gold Council

Dari data di atas, kita dapat mengetahui bahwa negara yang menempati posisi teratas dalam permintaan akan emas adalah negara India, kemudian wilayah China di peringkat kedua. Tabel diatas juga memperlihatkan kenaikan permintaan emas dari kuartal pertama tahun 2010 dengan kuartal pertama tahun 2011. Dari data diatas, terlihat kenaikan yang paling signifikan ada pada negara China, permintaan naik 47%, jika dibandingkan dengan perubahan permintaan dengan negara lain, wilayah China memilik perubahan yang cukup besar.

What causes the demand for gold in China rose drastically?

1.       1.  Pertumbuhan GDP China 
China GDP Growth Rate












GDP China saat ini cukup bagus karena berada di atas standar rata-rata. Suatu negara akan dinilai memiliki GDP yang baik jika nilai GDP negara itu berada di atas 4%. GDP sendiri dapat menggambarkan pendapatan rata-rata yang didapat oleh setiap warga negara lokal maupun non lokal. GDP negara China saat ini cukup bagus, dilihat dari harga barang-barang yang tinggi dengan permintaan yang tinggi pula menggambarkan ekonomi China berada di atas rata-rata.



  2.  Kekhawatiran Kenaikan Inflasi
China Inflation Rate











 


Data diatas menunjukkan Inflasi China yang semakin lama semakin meningkat, hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat China dalam memilih investasi yang aman dan anti Inflasi. Hal inilah yang mendukung permintaan emas di wilayah China meningkat dibanding permintaan sebelumnya. Masyarakat China melakukan aksi beli emas untuk mengatisipasi Inflasi yang diperkirakan akan terus mengalami kenaikan.

What is the effect of rising gold demand in China against the World gold price?

Alasan kenapa permintaan emas di wilayah China mempengaruhi harga emas dunia dapat kita lihat pada gambar grafik berikut.
Grafik tersebut menunjukkan korelasi antara Gold Demand in China, Gold Supply in China, dan Gold Price in China. Dimulai dari tahun 2007 hingga tahun 2010 permintaan emas di wilayah China mengalami kenaikan yang melebihi persediaan emas di pasar China sendiri. Lalu bagaimana China mendapatkan emas untuk menutupi kekurangan persediaanya? Tentu saja Supply emas untuk negara China dibantu oleh negara lain, hal inilah yang mempengaruhi permintaan emas dunia meningkat untuk wilayah China, dan secara langsung mempengaruhi kenaikan harga emas akibat meningkatnya permintaan akan emas.

Gold Price Forecast

Nah, kira-kira setelah melewati kuartal pertama ini, harga emas bakal sampai ke angka berapa yaaa??
Tunggu artikel saya selanjutnyaa,, nanti akan di bahas lebih detail lagi tentang prediksi harga emas dari bank-bank Dunia..

See U....



 












No comments:

Post a Comment