Tuesday, November 6, 2012

EURO kembali turun akibat Yunani

Mata uang tunggal Euro hari ini (Selasa, 06/11) kembali terpuruk bahkan merosot hingga ke bawah level $1.28 yang merupakan kisaran rendah dalam 2-bulan terakhir terhadap USD.
Merosotnya EUR ini lantaran ketidakpastian paket penghematan yang diperlukan Yunani untuk mengamankan bantuan internasional. Setelah menyerahkan rancangan paket penghematan kepada parlemen pada hari Senin kemarin, pemerintah Yunani masih harus berjuang untuk mendapatkan persetujuan dalam voting parlemen selanjutnya pada Rabu mendatang.
Dan persetujuan atas reformasi dan pemangkasan anggaran tahunan 2013 sangat penting karena hal itu untuk menjamin pengucuran dana bantuan internasional senilai €31,5 milyar yang telah tertunda sejak musim panas lalu.
 
Euro kini tercatat bergerak di area $1.2784 setelah hanya menguat ke level tinggi $1.2803, lebih rendah bila dibanding level tinggi hari Senin kemarin yang mencapai $1.2842. Dari sisi teknikal, penembusan EUR terhadap indikator moving average MA-200-hari mengindikasi masih akan berlanjutnya penurunan Euro dalam jangka pendek.

No comments:

Post a Comment