Friday, November 2, 2012

Indonesia-Inggris Tingkatkan Kerja Sama

Pemerintah Indonesia dan Inggris sepakat memperkuat kerja sama dalam bidang energi. Untuk itu, Pemerintah Indonesia mendorong perusahaan-perusahaan migas asal Inggris agar menambah investasi di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, dalam siaran pers yang diterima Kompas, Jumat (2/11/2012), di Jakarta.
Menteri ESDM Jero Wacik saat ini sedang mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kenegaraan di London, Inggris. Salah satu bidang yang dibahas dalam kunjungan kenegaraan ini adalah sektor energi.

Mendahului kunjungan kenegaraan itu, dialog energi Indonesia-Inggris pertama telah dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2012. Acara itu merupakan forum tukar-menukar informasi di bidang minyak dan gas bumi, kelistrikan, mineral dan batubara, teknologi ramah lingkungan, serta perencanaan energi.

Dalam pertemuan tersebut dihasilkan beberapa kesepakatan, di antaranya adalah kesepakatan kerja sama dalam bidang energy modeling, carbon capture and storage project (CCS), dan laboratorium energi masa depan.
Dalam pertemuan itu juga dibahas konsep Joint of Arrangement (JoA) on Energy antara Indonesia dan Inggris yang ditandatangani pada Kamis kemarin.
JoA on Energy itu fokus kepada isu-isu energi yang spesifik dan identifikasi peningkatkan kerja sama kedua negara serta disepakati untuk melaksanakan pertemuan rutin minimal dua tahun sekali.

Kunjungan Menteri ESDM Jero Wacik juga bertujuan meyakinkan BP agar berinvestasi 12 miliar dollar AS dalam pembangunan Kilang Train-3 Lapangan Tangguh dan Premier Oil yang akan berinvestasi 700 juta dollar AS di Indonesia.

No comments:

Post a Comment