Wednesday, October 31, 2012

Hari Ini Rupiah Masih Akan Melemah

Tekanan terhadap rupiah hari ini, Rabu (31/10/2012), masih cenderung kuat. Hal itu terutama terkait dengan tingginya permintaan importir atas dollar AS pada akhir bulan.
Nilai tukar rupiah atas dollar AS ditutup melemah di level Rp 9.615 per dollar AS dibanding level pembukaan di Rp 9.610 per dollar AS pada perdagangan Selasa kemarin. Rupiah bergerak di kisaran Rp 9.610-9.628 per dollar AS.

Hasil lelang sukuk yang dimenangkan senilai Rp 913 miliar dari target awal Rp 500 miliar belum mampu menopang rupiah dari tekanan dollar AS kemarin sore.
Riset BNI Treasury memperkirakan, hari ini rupiah bergerak dengan kecenderungan konsolidatif melemah. Non Delivery Forward satu bulan di pasar offshore pagi ini yang dibuka melemah di level Rp 9.650-9.660 per dollar AS diproyeksikan akan menambah tekanan dollar AS terhadap rupiah.

Tingginya permintaan valas oleh importir menjelang rupiah diproyeksikan masih akan mengeskalasi dollar AS hari ini.
Ekspektasi naiknya inflasi Oktober (tahunan) yang akan dirilis besok berpotensi mengurangi tekanan rupiah. Kesiagaan BI mengawal rupiah juga dinilai cenderung memberi efek psikologis yang mereduksi tekanan pada rupiah.

No comments:

Post a Comment