Tuesday, October 30, 2012

Belanja Konsumen di AS Meningkat

Tingkat belanja konsumen di Amerika Serikat terus meningkat, dengan kenaikan terbesar sejak bulan Februari lalu. Ini menumbuhkan optimisme perbaikan yang signifikan bagi perekonomian negeri itu, sekaligus mengangkat pasar keuangannya.

Seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Selasa (30/10/2012), kenaikan terjadi setelah kenaikan sebesar 0,5 persen pada Agustus lalu.
Belanja konsumen mencakup sekitar 70 persen dari aktivitas perekonomian Amerika Serikat dan peningkatan pada bulan lalu mendukung kuartal ketiga yang kuat.
"Titik lonjakan atau poin dasar sudah tinggi. Kita memiliki momentum memasuki kuartal keempat," ucap Ellen Zentner, ekonom senior Amerika Serikat pada Nomura Securities di New York.

Bursa saham di Amerika Serikat kemarin tidak beroperasi, mengantisipasi terjadinya Topan Sandy, sehingga reaksi atas data itu belum terlihat di pasar. Pada Selasa (30/10/2012) ini juga diputuskan hal serupa sehingga akan menjadi penutupan hari kedua. Ini merupakan penutupan pertama secara berturut-turt akibat cuaca pada bursa saham di negeri itu sejak tahun 1888.

No comments:

Post a Comment