Wednesday, October 24, 2012

Jerman Puji Kinerja ECB

Pemerintah Jerman sejauh ini masih membela kebijakan European Central Bank (ECB) untuk menyelesaikan krisis di dalam kawasan.
Sikap tersebut diutarakan oleh pejabat kementerian keuangan Jerman, Steffen Kampeter, kepada awak media. Namun di sisi lain pemerintah Berlin juga mengerti mengapa begitu banyak keberatan yang diutarakan publik terhadap langkah ECB akhir-akhir ini. "ECB sudah berperan sesuai mandat undang-undang," ujar Kampeter. Sejauh ini pihak Jerman memberi nilai plus atas kinerja ECB menghadang krisis hutang Eropa.

"ECB berhasil membuktikan diri sebagai model bank sentral independen, yang mengontrol inflasi dan menjaga stabilitas Euro," puju pakar keuangan yang juga penasihat menteri keuangan dan kanselir Jerman ini. Komentar tersebut muncul sesaat jelang pertemuan antara pemerintah Jerman dan ECB. Pihak Jerman ingin memastikan bahwa segala kebijakan temporer yang dirilis oleh ECB muncul secara alami dan tidak memicu efek negatif di kemudian hari. Kepala ECB, Mario Draghi, juga harus menjelaskan exit strategy-nya dalam menuntaskan krisis kawasan.

Kampeter juga menolak berkomentar soal pemberitaan harian Sueddeutsche Zeitung, yang mengabarkan bahwa pihak Uni Eropa, IMF dan ECB telah memberi perpanjangan waktu selama dua tahun bagi Yunani untuk memangkas rasio hutang dan defisitnya. Pihak Jerman enggan berkomentar sampai ada laporan resmi dari ketiga lembaga.

No comments:

Post a Comment