Wednesday, October 24, 2012

PMI Prancis Belum Dekati Level Ideal

Perekonomian Prancis kembali melambat di bulan Oktober dibandingkan satu bulan sebelumnya. 
Salah satu indikator aktivitas bisnis Prancis menunjukkan perekonomian domestik melamah selama empat kuartal beruntun. Data Purchasing Managers Index yang dirilis oleh Markit hari ini muncul pada angka 44.8 di bulan oktober atau konsisten di bawah level ideal 50. Artinya aktivitas bisnis anjlok dari bulan ke bulan, terutama di sektor manufaktur dan jasa.

Angka PMI tercatat turun lebih rendah dibandingkan rasio pelemahan yang terjadi bulan September lalu. Saat itu PMI gabungan dirilis pada angka 43.2. Namun demikian, data terkini belum membuktikan bahwa negara dengan nilai ekonomi terbesar ke-empat di Eropa itu telah pulih di awal kuartal IV ini. Demikian pendapat Jack Kennedy, Ekonom Senior Markit.
"PMI terbaru Prancis mengindikasikan tidak kurangnya akselerasi perbaikan dibanding bulan September lalu," uja Kennedy. Bahkan ia melihat kemungkinan besar perekonomian Prancis mengakhiri 2012 dalam fase resesi.

Angka-angka laporan ekonomi memperlihatkan bahwa rasio pertumbuhan Prancis nihil selama sembilan bulan beruntun. Adapun data resmi kuartal III baru akan dirilis November mendatang. Resesi ekonomi tentu akan menghalangi rencana pengurangan beban hutang yang tengah dijalankan Perdana Menteri Francois Hollande.

No comments:

Post a Comment