Monday, October 15, 2012

Review Market Hari Ini



Euro melemah terhadap sebagian besar komoditas jatuh karena kekhawatiran bahwa ekonomi global melemah mengimbangi laporan data Ekspor China yang lebih baik dari perkiraan.

The Standard & Poor menghitung data Raw Material (bahan baku) turun 0,6 persen ke level terendah dalam seminggu. Euro melemah 0,3 persen menjadi $ 1,2910. Sementara Dollar Index naik 0,3 persen pada kenaikan pertama dalam empat hari terakhir.


Dikatakan, perekonomian sudah mendekati resesi, hal ini menambah keprihatinan yang kemudian diangkat pada pertemuan IMF minggu lalu.
Data Ekspor China tumbuh lebih dari yang diprediksikan bulan lalu,  sementara data data Impor Eropa turun dalam waktu 4 bulan berturut-turut.
"Situasi Eropa terus menyeret ekonomi Global menuju penurunan," kata Kiyoshi Ishigane, strategist di Tokyo berbasis di Mitsubishi UFJ Asset Management Co, yang mengawasi sekitar $ 70 miliar. "Bahkan data yang cukup baik di Cina tidak berdampak Positif terhadap perekonomian Zona Eropa.”

Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu di Brussels pada 18-19 Oktober dalam rangka membahas bantuan baru bagi Yunani serta masalah Bailout Spanyol.
China juga melaporkan bahwa Money Supply mereka bertambah dari sebelumnya, naik sebanyak 14,8 persen dari bulan lalu. Perekonomian China juga tumbuh 7,4 persen pada bulan September.

Minyak turun menjadi $91,09 per barel setelah Iran menegaskan tawaran untuk menunda produksi dalam negeri, sebelum para pemimpin Eropa bertemu untuk membahas sanksi lebih ketat mengenai masalah Teluk Persia. Iran siap mengadakan pembicaraan tentang program nuklirnya dengan imbalan jaminan ketersediaan bahan dari 20% uranium untuk Reaktor Riset Taheran.

Saham Asia jatuh sebanyak 0,3 persen yang dipimpin oleh Softbank Corp (9984) yang merupakan perusahaan ponsel terbesar di jepang, turun sebanyak 8,1 persen, memperpanjang penurunan 17 persen pada 12 Oktober.
Sementara produsen peralatan telepon terbesar di China, ZTE Corp jatuh dalam waktu 4 tahun selama perdagangan Hong Kong setelah perusahaan mengatakan akan membukukan jumlah kerugian pada kuartal ketiga. ZTE turun sebanyak 17,2 persen. Sementara Honda Motor Co dan Toyota Motor Corp naik sekitar 2 persen.

Greenback menguat terhadap sebagian besar rival utama. Prediksi data Retail Sales yang positif pada peningkatan permintaan mobil membuat Dollar menguat hari ini.

Euro tergelincir setelah ZEC economic sentiment memberikan ekspektasi investor German turun ke -14,9 dari sebelumnya -18,2 di bulan September.
Sementara Dollar Australia turun 0,1% menjadi $1,022.

No comments:

Post a Comment