Monday, October 15, 2012

Data Ekspor meningkat, Ekonomi China Stabil.



Ekspor Cina dan jumlah uang yang beredar tumbuh lebih besar dari yang diperkirakan pada bulan September, menandakan bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia menjadi lebih stabil setelah mengalami penurunan yang dimulai pada kuartal pertama tahun 2011.

 
Ekspor China meningkat 9,9 persen dari tahun sebelumnya, jumlah ini lebih besar dari prediksi sebelumnya yakni 5.5 %. Sementara jumlah uang yang beredar (Money Supply) naik menjadi 14,8 persen, merupakan laju tercepat sejak Juni 2011.

"Pertumbuhan ekspor yang lebih baik dari perkiraan kemungkinan untuk membantu kerja dukungan dan mengurangi tekanan untuk kebijakan yang lebih meringankan menjelang transisi kepemimpinan," kata Chang Jian, seorang ekonom berbasis di Hong Kong di Barclays Plc. "Pelonggaran moneter telah dibatasi oleh kekhawatiran tentang rebound harga properti dan jangka menengah risiko inflasi."

Tidak adanya stimulus "besar" fiskal juga menunjukkan kekhawatiran tentang meningkatnya utang pemerintah, non-performing bank kredit, dan investasi tidak efisien.

No comments:

Post a Comment