Friday, December 28, 2012

Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Rp26 Triliun

Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBN-P 2012 mencapai Rp26 triliun. Silpa ini lebih rendah dari tahun lalu sebesar Rp39,2 triliun.

"Silpa enggak besar. Mungkin ada di kisaran Rp26 triliun. Ini dibandingkan tahun lalu turun," ujar Agus ketika ditemui di kantornya, Kamis (27/12).

Silpa yang tidak besar, kata Agus, disebabkan realisasi penerimaan negara tidak sebesar tahun lalu. Di sisi lain, realisasi belanja negara lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa juga menyatakan, maksimal Silpa sebesar Rp27 triliun. Realisasi belanja negara diperkirakan mencapai 96%.

"Jangan lupa, baru dihantam subsidi BBM saja sudah sekian triliun. Ini akan menggenjot kenaikan belanja walaupun kita sayangkan, kenapa belanja ke subsidi. Itu tinggi sekali," kata Hatta.

Realisasi belanja modal, lanjut Hatta, tidak sesuai harapan. Selain realisasinya tidak tinggi, timing pencairannya yang menumpuk di akhir tahun membuat kontribusi belanja pemerintah pada pertumbuhan ekonomi rendah.

"Mestinya kuartal I sampai IV itu proposional terbelanjakan sehingga memberikan momentum yang baik," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment