Friday, January 4, 2013

Emas Rapuh Pasca Pertemuan the Fed


Harga emas sempat terpukul kembali ke bawah $1,650 per ons di sesi siang Asia setelah hasil pertemuan the Fed mengindikasikan berakhirnya program pembelian aset tahun ini.
Kontrak emas pengiriman Februari anjlok $25.60 per ons atau 1,5% ke level $1,649 per ons. Semalam, emas sudah merosot sebanyak $14.20 di Comex sekaligus memupus penguatan sebelumnya.
Emas sempat terperosok hingga $1,646.80 di awal sesi hari ini akibat adanya indikasi bahwa bank sentral Amerika akan menghentikan pembelian aset sebelum Desember 2013. Pun demikian, tidak ada satupun anggota dewan gubernur yang mau buka suara terkait kemungkinan penghentian quantitative easing dalam waktu dekat. Selama ini pelonggaran moneter itu menjadi jaminan ketersediaan likuiditas Dollar di sistem keuangan. Selama pemberlakuaannya, program pembelian aset telah menopang pergerakan aset finansial non-USD, termasuk emas. "Muncul indikasi program pembelian aset oleh the Fed akan selesai sebelum perkiraan pelaku pasar," urai tim analis Barclays dalam laporan hariannya.
Indeks Dollar saat ini terpantau di level 80.613 atau lebih tinggi dibanding catatan sesi Amerika semalam, yaitu di 80.477. Kurs Dollar juga menguat dari level yang terlihat sebelum Minutes the Fed digelar, yakni di 80.199. Saat ini harga emas terpantau rapuh di kisaran $1651 per ons.

No comments:

Post a Comment