Tuesday, January 15, 2013

Rupiah Mencoba Bertahan dengan Penjagaan BI


Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya di tengah tekanan eksternal, Selasa (15/1/2013). Penjagaan ketat oleh Bank Indonesia diperkirakan akan membuat posisi rupiah bertahan dalam batas rentang perdagangan sebelumnya.
Pada penutupan perdagangan kemarin, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, nilai tukar rupiah berhasil ditarik kembali ke level aman. Rupiah ditutup di level Rp 9.663 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) setelah sebelumnya sempat melesat ke Rp 9.875 per dollar AS. Penguatan rupiah kemarin juga memengaruhi penguatan di IHSG yang naik 1,78 persen ke level 4.382,5. Ini mengikuti penguatan yang juga terjadi pada sebagian besar pasar Asia.
Harga minyak mentah Brent dan WTI juga naik. Ini mencerminkan ekspektasi ekonomi Amerika Serikat yang bisa tumbuh lebih baik. Pasar global ditutup variatif pada penutupan perdagangan kemarin. Lana memperkirakan hari ini pasar Asia menguat mengikuti index future Asia yang terlihat positif. "Rupiah kemungkinan masih bisa bertahan di kisaran Rp 9.670-Rp 9.690 per dollar AS dengan penjagaan BI," kata Lana.

1 comment:

  1. titanium iv chloride - TITanium Artists & Crafts
    Titanium titanium exhaust Ash Tree titanium max Wood Woodwork. A single maple leaf. 1.4 inches. Material: titanium blue Metal. Material: White, Silver, Sapphire. Quantity: 4.2 titanium white fennec ounces. titanium jewelry Color: Green.

    ReplyDelete