Friday, January 4, 2013

The Fed Sinyalkan Akhiri Pembelian Obligasi


Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, memberi sinyal akan menghentikan program pembelian surat utang atau obligasi di akhir tahun 2013 ini. Hal itu langsung direspon negatif oleh pasar global.
Dalam notulensi (minutes) the Fed yang baru diumumkan kemarin dinyatakan bahwa injeksi likuiditas sudah cukup untuk menggerakkan harga aset di pasar keuangan (financial asset inflation). The Fed akan mengakhiri pembelian obligasi senilai 85 miliar dollar AS pada tahun 2013 ini. Itu dilakukan setelah dalam empat tahun terakhir The Fed terus menjaga suku bunga rendah mendekati 0 persen melalui kebijakan injeksi likuiditas (quantitave easing) dan membawa tingkat pengangguran ke 7,7 persen.
Notulensi tersebut juga menyebutkan bahwa ada perbedaan suara dalam the Fed mengenai kemungkinan tersebut. Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, sebagian masih melihat the Fed perlu untuk terus mengintervensi sistem keuangan di AS. Investor juga masih mengkhawatirkan 'pertempuran' paket kebijakan pemangkasan anggaran dan masalah debt limit pada pertengahan Februari mendatang. Pemerintah AS mengajukan kenaikan debt limit menjadi 16,4 triliun dollar AS.

No comments:

Post a Comment